Minggu, 11 Oktober 2015

Format Proposal Usaha Dagang Makanan dan Kuliner Tradisional

Malam ini saya sedang berpikir keras untuk membuat format proposal usaha dagang makanan dan kuliner tradisional. Saya tidak ingin mencontoh format yang sudah ada sebelumnya. Kali ini harus ada sesuatu yang baru. Oleh karena itu, saya tidak berusaha untuk mencari tahu dan mencari-cari sumber informasi yang membahas tentang hal tersebut. Format baru harus tercipta dari hasil pemikiran saya sendiri.

Pengalaman di bidang bisnis kuliner menjadi modal yang berharga untuk membantu membuat format proposal usaha makanan yang tak biasa. Dulu ketika masih duduk sebagai manajer operasional di sebuah usaha pengolahan makanan, saya terbiasa membuat format surat penawaran, laporan kerja, analisis swot, serta strategi pemasaran yang sangat lengkap dan detail isinya.

proposal usaha makanan

Saat ini saya ingin mencoba kembali setelah beberapa tahun tidak terjun secara langsung menangani operasional kegiatan usaha makanan di sebuah perusahaan catering service di Surabaya. Dengan berbekal pengalaman saya yakin bisa membuat format proposal usaha makanan yang baik dan benar untuk bermacam-macam bisnis antara lain makanan ringan, bakso, nasi goreng, ayam panggang, ayam bakar, kue, roti bakar, martabak, donat, agar agar, brownies, burger, bakpia, coklat, cupcake, gado gado, gorengan, empek empek, pisang goreng, pisang keju, pisang kipas, tahu bakso, fried chicken, tahu isi, ikan bakar, dadar gulung, dan lain-lain,

Tampaknya banyak sekali orang yang mencari format proposal usaha makanan dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris dalam bentuk pdf, doc, power point, siap saji untuk dipelajari dan dimodifikasi sesuai kebutuhannya. Memang orang-orang sukanya begitu. Sudah sangat banyak yang malas untuk berpikir dan berkreasi sendiri menciptakan format yang unik dan berbeda dari yang sudah ada. Maunya instan tak mau repot dan ingin hasil yang bagus dengan cara pemalas seperti itu.

Saya tidak ingin seperti mereka yang hanya mau enaknya saja. Dan semoga para pemalas itu membaca artikel ini sampai selesai supaya sadar bahwa menyusun format proposal usaha makanan dan minuman yang lengkap itu tidak mudah. Butuh konsentrasi pemikiran yang ekstra fokus dan sungguh-sungguh. Jika mau contoh format proposal yang langsung jadi, wah mau bayar berapa sama saya hahaha....

Artikel ini adalah upaya untuk membuat format proposal usaha makanan yang asli dan original. Bukan jiplakan atau copy paste dari pemikiran orang lain. Maaf ya, saya tidak bermental gratisan. Kalau mau sesuatu yang baik harus sungguh-sungguh mengupayakan dengan berpikir keras dan fokus pada pokok persoalannya.

Nah, rasanya artikel tentang contoh format proposal usaha makanan dan minuman yang lengkap dengan analisi swot serta strategi pemasaran harus segera diakhiri. Bagaimana kisah selanjutnya, kapan-kapan akan dilanjutkan kembali. Sekarang sudah malam, saatnya untuk cuci kaki dan gosok gigi lalu beranjak ke kasur untuk beristirahat. Buat kalian yang sudah membaca artikel format proposal makanan ini, tak lupa saya ucapkan terima kasih yang banyak atas perhatian kalian. Salam sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar